Makanan Khas Popular Priangan Timur

Sang Mutiara Dari Priangan Timur, Makanan Khas Popular dan Referensi Oleh-oleh

Makanan Khas Priangan Timur – Tasikmalaya adalah Kota yang dikenali dengan bermacam kerajinan tangannya serta dengan berbagai jenis kulineran.

Tentu saja akan membuat Anda memikir untuk beli tas, sepatu, atau macam kerajinan tangannya.

Makanan Khas Popular dan Referensi Oleh-oleh

Tetapi, siapa kira kota ini simpan bermacam kulineran bagus yang menjadi oleh-olehan Anda. Inilah Makanan Khas Priangan Timur yang harus Anda cicipi :

Rengginang Oyek

Makanan yang ini tentu saja telah kenal di Indonesia. Rengginang banyak dikenali di beberapa wilayah di pulau Jawa bernama yang bermacam. Walau bagaimanapun, langkah pembikinannya masih sama, yakni keringkan nasi di bawah matahari sampai kaku dan menggorengnya.

Baca Juga: Pesona Kuliner Yang Ada di Samarinda

Berlainan dengan umumnya rengginang di wilayah pulau Jawa, Rengginang Oyek ciri khas Tasikmalaya memakai bahan baku singkong. Proses pembikinannya juga sedikit berlainan. Pertama singkong dipotongi sampai seperti beras.

Selanjutnya ditambah dengan bahan kencur dan ketumbar untuk menambah cita-rasanya. Kemudian, singkong dibuat seperti rengginang dan dijemur sampai kering sebelumnya terakhir dimasak. Sebab memakai kencur dan ketumbar, Rengginang Oyek ini mempunyai rasa yang renyah dan sedikit hangat. Benar-benar pas untuk jadi oleh-olehan sebab tidak gampang basi dan tidak memerlukan langkah penyimpanan spesial.

Wajit

Makanan yang ini memiliki ukuran kecil, enteng, dan murah. Walau bagaimanapun, makanan ini simpan keunikan Tasikmalaya yang demikian kental. Wajit ini memakai bahan landasan gula aren atau umum dikenali selaku gula merah. Proses pembikinannya lumayan gampang.

Gula merah dan kelapa digabungkan jadi satu dengan beras ketan, selanjutnya diolah bersama. Umumnya, makanan ini akan diolah di atas api tungku sampai masak. Kemudian, wajit akan dibuat kecil-kecil di atas daun jagung yang telah kering.

Daun jagung ini selanjutnya dilipat sampai membuntel semua permukaan wajit. Tidak stop disana, wajit yang sudah dibuntel selanjutnya akan dijemur sampai kulit jagung jadi benar-benar kering. Proses ini nanti akan hasilkan wajit yang sisi luarnya kering, sesaat sisi dalamnya mempunyai struktur makanan yang paling halus.

Ingin tahu dengan rasanya? Anda bisa dengan gampang mendapati penjual wajit di toko makanan ciri khas Tasikmalaya.

Citruk

Nama citruk ini pada intinya adalah ringkasan dari “Aci Ngegetruk”, yang ini berarti adonan tepung kanji yang saat dikonsumsi rasanya gurih meskipun cukup keras. Makanan ciri khas Tasikmalaya yang ini mulai susah untuk dijumpai di Tasikmalaya, tetapi beberapa usaha perseorangan di Tasikmalaya mulai usaha untuk melestarikan kembali jajanan ciri khas yang ini.

Berdasar namanya, tentu saja proses pembikinannya sangat terpikir. Pertama, tepung kanji atau tepung tapioka ditambah sama air sampai jadi adonan. Adonan ini umumnya ditambah dengan bermacam bahan rempah selaku menambah cita-rasanya. Selanjutnya adonan itu dibuat jadi keping-keping kecil seperti koin. Rasanya yang renyah dan cukup unik benar-benar memikat buat jadi oleh-olehan.

Kelontong

Orang Tasikmalaya itu benar-benar sangat inovatif. Jika Anda berjumpa dengan Kelontong, Opak, atau Kemplang, pasti Anda akan bingung sebab mereka mempunyai bahan baku yang serupa, yakni ketan. Tetapi, cita-rasa dan struktur yang dibuat sedikit berlainan satu dan sama yang lain.

Pada makanan Kelontong, tepung beras diproses bersama dangan gula aren. Sesudah adonan tepung beras dan gula aren tercampur rata, adonan itu selanjutnya dibuat sebesar ibu jemari. Rasa dari makanan ciri khas Tasikmalaya yang ini manis dan benar-benar pas menjadi rekan minum kopi atau teh pada sore hari. Kelontong sampai sekarang ini benar-benar gampang untuk dijumpai di beberapa toko oleh-olehan makanan Tasikmalaya.

Opak

Bahan dari makanan yang ini sama dengan Kelotong, yakni memakai beras ketan. Tetapi, berlainan dengan Kelontong, makanan yang ini memilki cita-rasa yang renyah dan tentu saja lewat proses masak yang lain juga. Untuk bikin Opak, adonan tepung tapioka haya diberi garam dan gula selaku penyedap rasa.

Sesudah semua bumbu itu tercampur rata, adonan Opak dibuat jadi lurusan-lempengan gepeng berupa bundar seperti teplek. Adonan didiamkan sampai jadi kering. Sesudah adonan jadi kering, adonan itu selanjutnya dipanggang di atas tungku sampai megar dan beralih menjadi gurih.

Sebab proses pembikinannya ini, sisi luar Opak selalu terlihat cokelat sekali seperti nyaris gosong. Opak selanjutnya dihidangkan dengan sambal ciri khas Opak untuk dikonsumsi bersama. Jika Anda terhitung orang yang mencintai makanan renyah, Opak menjadi salah satunya opsi favorite Anda. Ditambah lagi, umumnya Opak dipasarkan dalam ukuran satu buntel besar yang berisi 10 lurus Opak dan telah bersama sambalnya.

Kemplang

Banyak daerah ada pula yang selanjutnya mengatakan selaku Krupuk Kemplang sebab umumnya krupuk ini dihidangkan bersama-sama dengan makanan berkuah seperti Soto dan Bakso.

Karena itu, oleh-olehan yang ini benar-benar gampang diketemukan di beberapa tempat makan di Tasikmalaya. Bahkan juga, beberapa tempat makan di wilayah lain juga banyak yang adopsi Kemplang untuk dihidangkan bersama makanan berkuah yang dia dagangkan.

Keripik Sukun

Makanan ciri khas Tasikmalaya yang ini ialah makanan yang juga nyaris musnah. Jika Citruk disebabkan karena makin kurangnya produsen, jika Keripik Sukun malah karena makin menipisnya komunitas pohon sukun. Seperti namanya, keripik yang ini memakai bahan landasan buah sukun.

Buah ini dulu benar-benar gampang diketemukan di pulau Jawa, tetapi bersamaan dengan waktu makin susah untuk dijumpai. Di luar, buah ini akan terlihat seperti buah nangka tetapi memiliki ukuran kecil dan bundar. Jika dibelah, buah ini sepintas akan serupa dengan melon. Tetapi, perbedaannya buah ini mempunyai rasa yang cemplang dan getahnya mempunyai rasa pahit.

Buah ini terhitung buah yang mempunyai kandung karbohidrat yang tinggi, tetapi direferensikan untuk langsung dimakan. Kemudian, buah suku yang sudah dipotong tipis itu akan dijemur dan dimasak sampai jadi gurih. Sesudah dimasak, Keripik Sukun akan diberi bumbu. Rasa dari Keripik Sukun ini renyah dan gurih, benar-benar pas menjadi camilan sehat.

Kalua Jeruk

Ini adalah makanan unik dan elok ciri khas Jawa Barat. Kalua Jeruk atau dikenal juga selaku manisan jeruk ialah makanan yang memproses kulit jeruk. Kulit jeruk akan dibersihkan sampai bersih dan dipendam dalam cairan kapur sirih sepanjang satu malam.

Sesudah dipendam, kulit jeruk selanjutnya direbus bersama sama air gula dan ditambah dengan bahan warna dan perisa (jeruk, strawberry, durian, dan yang lain). Kemudian, kulit jeruk akan ditanakan sampai kering. Akhirnya, Kalua Jeruk mempunyai warna yang bermacam dengan cita-rasa yang berbeda.

Ladu

Umumnya adalah jajanan yang banyak dijumpai waktu Lebaran. Ladu adalah olahan beras ketan yang mempunyai struktur seperti dodol, halus dan mempunyai rasa yang manis.

Sale Pisang

Seperti pada umumnya wilayah, Tasikmalaya mempunyai makanan buatan pisang. Diantaranya ialah sale pisang yang ini. Jika Anda bertandang ke Tasikmalaya Sale Pisang menjadi salah satunya opsi makanan ciri khas Tasikmalaya yang aman.