Tentang Kami

Kecap manis di Indonesia, Ada alasan mengapa Kecap Manis adalah bumbu paling populer di Indonesia: Tidak hanya lezat, tetapi juga sangat serbaguna sehingga Anda ingin menambahkannya ke hampir semua hal!

Makanan di Indonesia hampir tidak lengkap tanpa kecap manis, bumbu paling populer di negara ini!

Bukan hanya bumbu yang paling populer, ini adalah bumbu yang paling banyak digunakan di Indonesia. Sedemikian rupa sehingga lebih dari 90% produksi kecap di Indonesia digunakan untuk pembuatan kecap manis.

Kecap manis di Indonesia

Kecap manis adalah saus serbaguna yang lezat dan akan membuat keajaiban untuk berbagai macam hidangan yang terinspirasi dari Asia!

Apa itu Kecap Manis?

Juga dikenal sebagai ketjap manis, ini adalah saus kental seperti molase berwarna gelap dengan gula aren dan kecap sebagai dasarnya dan dengan tambahan rempah-rempah aromatik untuk rasa. Kata manis berarti “manis” dalam bahasa Melayu/Indonesia sehingga sausnya sering disebut sebagai “kecap manis”.

Metode pembuatannya mirip dengan pengurangan cuka balsamic dimana bahan-bahannya direbus perlahan sampai saus mengental secara alami menjadi konsistensi seperti sirup. Secara tradisional gula aren/kelapa digunakan yang memberikan saus karamel yang dalam dan nada butterscotch.

Kecap manis telah populer di Indonesia untuk waktu yang sangat lama. Menariknya juga cukup populer di Belanda karena pengaruh kolonialisme Belanda di Indonesia pada akhir abad ke-16 hingga 1945.

Sejarah Singkat Kecap Manis

Baru-baru ini saya membaca artikel yang membahas tentang sejarah kecap manis di Indonesia. Meskipun kebanyakan orang Indonesia saat ini membeli kecap manis mereka dalam botol di toko bahan makanan yang tidak selalu begitu. Pada hari-hari sebelumnya itu tidak tersedia dalam botol yang diproduksi oleh produsen besar.

Sebaliknya keluarga lokal membangun mata pencaharian mereka di atasnya dan memproduksi dan menjualnya di pasar lokal. Kota Majalengka sendiri dulunya memiliki 300 pedagang lokal yang berbeda yang memproduksi kecap manis versi mereka sendiri, masing-masing dengan variasi rasa yang berbeda.

Namun kemudian Heinz dan Unilever mengambil alih dua merek, ABC dan Bango, dan produsen lokal tidak dapat bersaing dengan kekuatan iklan mereka. Akibatnya banyak usaha keluarga yang sudah turun temurun membuat kecap manis terpaksa gulung tikar. Hasil lainnya adalah bahwa berbagai macam saus kecap manis menyusut menjadi segelintir merek botolan, variasi lokal yang unik sebagian besar hilang.

Nah, kami bertahan dengan kecap manis buatan sendiri. Tidak hanya bebas dari bahan sampah dan pengawet yang ditemukan dalam versi botol, rasanya juga JAUH lebih enak! Plus itu sangat mudah dibuat sehingga tidak ada alasan untuk tidak membuatnya sendiri.

Dengan tradisi masa lalu Indonesia yang sangat beragam variasi rasa, jangan ragu untuk bereksperimen dengan rasa lain dengan menambahkan bahan-bahan seperti lada hitam, cabai, biji ketumbar, serai dan daun jeruk purut atau kari.

Cara memakai Kecap Manis

Ini adalah bahan utama dalam hidangan nasional Indonesia, nasi goreng (nasi goreng), serta mie goreng (mie goreng). Hal tersebut juga biasa digunakan dalam sate.

Coba tambahkan ke saus salad ala Asia, saus kacang, gerimis di atas sandwich, ditambahkan ke telur orak-arik, dioleskan ringan pada jagung bakar rebus, ayam panggang, babi, sapi, ikan, dan makanan laut.

Intinya: Kecap Manis memang luar biasa untuk hidangan nasi dan mie dan sama-sama fantastis ditambahkan ke tumis atau digunakan dalam bumbu, glasir, sup dan saus barbekyu atau digunakan sebagai saus celup.

Kecap manis adalah saus penting di dapur Indonesia. Ini digunakan untuk menambahkan rasa manis dan umami ringan yang menyenangkan di sebagian besar masakan Indonesia yang populer; termasuk nasi goreng, mie goreng, kwetiau goreng, ayam kecap (ayam), babi kecap (babi), semur daging sapi, dan ketoprak.

Ini juga merupakan bumbu yang populer untuk hidangan panggang, seperti sate, ayam bakar (ayam bakar) dan ikan bakar (ikan bakar). Kecap manis juga merupakan saus celup yang populer, dicampur dengan bawang merah cincang dan cabai rawit dan disajikan sebagai saus untuk menemani tahu goreng. Nasi kukus dengan topping telur mata sapi dan disiram kecap manis adalah makanan sederhana namun populer di kalangan anak-anak Indonesia. Di Indonesia Timur, kecap manis digunakan sebagai bahan saus colo-colo. Meskipun secara tradisional saus Maluku ini menggunakan sisa minyak kelapa berwarna hitam.

Kecap manis

Kecap Manis adalah kecap manis aromatik yang berasal dari Indonesia yang memiliki warna lebih gelap, konsistensi seperti sirup kental dan rasa seperti molase karena penambahan gula aren yang melimpah. Dan Kecap manis banyak digunakan dengan sate.

Ini mirip dengan, meskipun rasanya lebih halus daripada saus kacang manis Cina (tianmianjiang). Sejauh ini kecap merupakan jenis kecap paling populer yang digunakan dalam masakan Indonesia. Dan menyumbang sekitar 90 persen dari total produksi kecap nasional.

Bahan Kecap Manis

Dibandingkan dengan kecap asin biasa, kecap manis memiliki konsistensi yang sedikit lebih kental, dan rasanya jauh lebih manis. Bumbu ini dibuat dari pasta fermentasi kedelai hitam rebus, biji-bijian panggang, garam, air dan jamur Aspergillus goii, yang ditambahkan gula aren. Rasa manis yang kuat disumbangkan oleh jumlah gula aren yang melimpah — sausnya mungkin mengandung hingga 50 persen gula merah atau gula jawa (gula aren). Kecap manis Indonesia sering diperkaya dengan rempah-rempah, termasuk adas bintang, kayu manis, lada hitam, ketumbar dan cengkeh.

Merek kecap Manis di Indonesia

Di Indonesia terdapat banyak sekali merek kecap manis. Kecap manis secara tradisional merupakan industri rumah tangga skala kecil. Namun ada beberapa merek yang tersebar luas di seluruh Indonesia dan regional, seperti kecap manis ABC, Kecap Bango, Indofood dan Sedaap. Ada juga merek yang mendistribusikan secara luas di Belanda seperti Conimex dan Trade Mark A